Rabu, 01 Desember 2010

Cara lain Men-Convert File System FAT ke NTFS

Hmm, Drive Anda ber-Format FAT(file alocation table) lalu Anda ingin menggantinya dengan file sytem NTFS(new technology file system) yang lebih cepat? kebanyakan orang akan memindahkan dulu semua isi data di drive tersebut(kecuali Anda merelakan data-data Anda hilang), kemudian mem-format ulang drive, dan terakhir meng-copy kan kembali data-data sebelumnya. duh repotnya.. namun bagaimana jika datanya sudah terlalu banyak? butuh waktu lama untuk meng-copy datanya bukan? atau bahkan drive yang lain sudah tidak muat menampung data yang akan di back up? wahwah, bukankah lebih mudah jika kita bisa mengganti file systemnya tanpa perlu kehilangan data sehingga tidak perlu meng-copy data terlebih dahulu karena datanya tidak akan terhapus?
sebenarnya bisa kok, berikut cara menggunakan "hidden feature"(fitur tersembunyi) windows ini:
pertama buka menu run (start menu/run) ketikan cmd lalu enter, kemudian akan terbuka jendela command promt.


selanjutnya ketikan perintah berikut:
convert X: /fs:ntfs /v /x     lalu enter (x diganti dengan nama drive)


proses analisa data pun dimulai, jika Anda diminta untuk memasukan volume label, masukan volume label drive yang ingin anda convert.
setelah analisa data dilakukan dan drive Anda memiliki space yang cukup, proses konversi pun segera dilakukan, dan booyakashaa...!! drive Anda pun sekarang telah berformat NTFS tanpa perlu repot-repot memindahkan data.

Semoga berguna


Tidak ada komentar:

Posting Komentar