Sabtu, 16 Oktober 2010

Standart kelulusan CPNS : Harus tau lagu SBY

Ada berita aneh dan lucu ketika saya menonton TV khususnya di TVone, bagaimana seorang CPNS tidak lulus karena salah jawab salah satu pertanyaan soal lagu SBY. CPNS tersebut mengikuti tes untuk masuk dalam Kementrian Perdagangan.


Beberapa sumber yang saya telusuri, serempak mengatakan kejadian ini sungguh aneh tapi lucu, ini sekilas petikan berita yang saya dapat

Wakil Ketua DPR Anis Matta menilai munculnya soal mengenai lagu ciptaan Presiden SBY dalam ujian CPNS sangat aneh. Anis menilai penyusunan soal ujian CPNS di Indonesia mulai tidak benar. Menurut Anis, banyak soal ujian yang lebih layak diujikan dalam tes CPNS. Menurut dia, CPNS tidak harus memahami lagu ciptaan SBY yang relatif baru. "Harusnya lagu daerah yang masuk, bukan lagu seperti itu," saran Sekjen DPP PKS itu.

Selain itu Pengamat Komunikasi Politik Effendi Gazali juga sangat menyayangkan dengan pemberitaan ini, menurut dia Ini gaya promosi terbaru karena albumnya nggak laku-laku. hehehe

Sebelumnya diberitakan, dalam tes tertulis CPNS yang digelar Kementerian Perdagangan (Kemendag), Rabu (12/8/2010), tercantum pertanyaan mengenai lagu ciptaan SBY. Kepada detikcom, peserta mengeluhkan adanya pertanyaan itu, karena memang dia tidak hafal lagu ciptaan SBY.

Dijadikan lagu ciptaan SBY sebagai soal ujian CPNS, mendatangkan tanggapan beragam. Komisi II DPR misalnya menilai bahwa lagu ciptaan SBY tidak pantas masuk dalam ujian CPNS. Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap juga mengimbau agar Kemendag memasukkan lagu daerah bukan lagu SBY dalam soal ujian CPNS.

Sebagian pihak lainnya menilai sangat berlebihan bila lagu ciptaan SBY masuk dalam soal ujian. Sementara, pihak Istana juga sudah menegaskan bahwa lagu SBY tidak sepantasnya masuk dalam ujian CPNS.

Soal ujian tentang lagu SBY itu ada di lembar soal berkode 11-01, di grup B. Pertanyaan itu ada pada soal bernomor antara 30-40. Pertanyaan itu merupakan soal multiple choice dengan pertanyaan, "Apa judul lagu ciptaan SBY yang masuk dalam album ketiga?". Pilihan jawabannya, antara lain Matahari Bersinar, Sinar Mentari, dan Mentari Bersinar.

sungguh negara ini sudah tidak dibatas ambang kewajaran, atas dasar apa pertanyaan itu bisa dimasukkan ke dalam list kuisoner dalam penerimaan CPNS, saya ga hairan kalo negara sebelah bicara seperti ini ..... Indonesia negara kaya tapi dikelola oleh orang-orang idiot!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar