Jumat, 15 Oktober 2010

Tá mé ar na hÉireann

Shamrock

Mr.Donough : Have any boardsies been or are any of ye interested in going??
Saya : ??? (what the heck he was talking about)

begitulah ketika saya bertemu Mr.Donough, dialeknya lucu. singkat cerita saya jadi tahu kalo dia berasal dari Irlandia ....lho kok bisa beda dialeknya??khan sama-sama dari daratan Inggris??

justru karena itu yang membuat saya penasaran, dari rasa penasaran inilah saya mencari-cari semua tentang Irish.

Okey Dookey, ini ringkasan saja tentang kebudayaan Irish

bicara tentang Irish tidak bisa lepas dari Leprechaun* dan daun Clover* :D


Bahasa mereka tidak sama dengan bahasa Inggris pada umumnya, bahasa Irish dinamakan Gaeltacht atau Gaeilge (CMIIW) yang merupakan bahasa proto IndoEropa, tapi sekarang ini sedikit sekali orang Irlandia yang bisa berbicara Irish (fluently), hanya dialeknya saja yang tetap ada (seperti yang saya alami dengan Mr.Donough)

saya kurang begitu paham dengan grammatical Irish ini, tapi ini yang saya dapat dari Wiki
Inggris : I have a book
Irish    : There is a book at me
ya seperti itulah kira-kira ....hehehe ...

orang Irish biasanya periang, maka jangan heran jika mereka hobi minum beer ....

tapi ... yang paling memikat saya adalah alat musik mereka, yaitu Uilleanpipes. Jika Skotlandia punya Bagpipes maka Irish juga punya Uilleanpipes.

ini videonya:



*Leprechaun : Sejenis peri dalam mitologi Irlandia, dikatakan sangat banyak uangnya dan sering jahil. Dalam beberapa persepsi, Leprechaun sering digambarkan dengan guci penuh koin emas, menghisap cerutu sambil memegang segelas beer besar
*Clover atau shamrock (di indonesia lebih dikenal dengan daun semanggi), dalam kebudayaan Irlandia, St.Patrick memperkenalkan ajaran Kristen pada masyarakat Irlandia, dan mengajarkan Tritunggal pada mereka menggunakan daun clover ini(khususnya yang berdaun tiga), sampai sekarang masyarakat keturunan Irlandia merayakan hari St.Patrick setiap 17 Maret.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar